Bahasa

on Selasa, 20 Maret 2012
2.1           Bahasa
Bahasa adalah suatu system dari lambang bunyi arbiter yang dihasilkan oleh alat ucap manusia yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Arbiter yaitu tidak adanya hubungan antara lambang bunyi dengan bendanya. Bahasa yang biasa digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari yaitu Bahasa Lisan (primer) dan Bahasa Tulisan (sekunder).
Fungsi Bahasa antara lain :
·         Sebagai alat untuk berkomunikasi dengan sesame manusia
·         Sebagai alat untuk mengidentifikasikan diri seseorang
·         Sebagai alat ekspresi diri

2.2           Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang digunakan oleh seluruh rakyat Indonesia untuk
Berkomunikasi. Bahasa Indonesia merupakan identitas dari Negara Indonesia. Selain itu Bahasa Indonesia juga merupakan Bahasa Persatuan sebagaimana yang tercantum dalam isi Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928.

Fungsi Bahasa Indonesia terbagi menjadi 2, yaitu ;
1)      Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara
2)      Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara Nasional






Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara
·         Sebagai Bahasa Resmi Kenegaraan, artinya Bahasa Indonesia sering digunakanan pada saat situasi formal.
·         Sebagai Pengantar Bahasa Pendidikan, artinya penggunaan Bahasa Indonesia sangat diperlukan agar apa yang ingin disampaikan dapat terlaksana dengan baik.
·         Sebagai Alat Penghubung Tingkat Nasional, contohnya dalam event tingkat nasional sangat diperlukan Bahasa Indonesia yang dapat dimengerti oleh semua orang.
·         Sebagai Alat Pengembang IPTEK, contohnya dalam pembuatan skripsi yang diharuskan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara Nasional

·         Sebagai Lambang Kebangsaan Negara. Kita patut bangga pada Bahasa Indonesia karena tidak semua Negara memiliki bahasa nasional. Contohnya Negara Singapura, penduduk Singapura tidak menggunakan bahasa Singapura melainkan menggunakan Bahasa Inggris.
·         Sebagai Identitas Bangsa. Bila kita menggunakan Bahasa Indonesia di luar negeri, pasti masyarakat disana akan langsung mengenali bahwa itu adalah Bahasa Indonesia. Karena tidak ada Negara lain selain Indonesia yang menggunakan Bahasa Indonesia.
·         Sebagai Alat Pemersatu dan Penghubung Antar Daerah. Artinya Bahasa Indonesia yang menjadi pemersatu dari seluruh Bahasa Daerah yang terdapat di Indonesia.


2.3           Globalisasi

Globalisasi adalah suatu proses dimana antarindividu, antarkelompok, dan antarnegarasaling berinteraksi dan saling mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara. Proses penyebaran unsur baru / asing yang menyangkut informasi secara mendunia salah satunya menggunakan media cetak (Koran, majalah) dan menggunakan media elektronik (televisi, radio, handphone) bahkan hingga lewat internet yang dapat di akses kapanpun, dimanapun dan oleh siapapun.


Dampak positif Globalisasi di Bidang Bahasa Indonesia :

·         Bahasa Indonesia menjadi lebih dikenal oleh warga Negara asing yang berada di Indonesia di karenakan banyak turis dari berbagai Negara yang berdatangan ke Indonesia untuk berlibur. Tidak hanya untuk berlibur, warga Negara asing tersebut datang ke Indonesia untuk mempelajari Bahasa Indonesia.

Dampak negative Globalisasi di Bidang Bahasa Indonesia :
·         Selain kehadiran Globalisasi membawa dampak positif namun membawa dampak negative juga. Dampak negative tersebur terlihat dari kebiasaan para pelajar SMA (Sekolah Menengah Atas) ketika berkomunikasi secara lisan mereka menggunakan Bahasa Indonesia yang kurang baik. Biasanya mereka menggunakan bahasa gaul.

NAMA:
Fajar Budi Harsakti (10111123)
Marianus Claudio Saka Mada (10111131)


0 komentar:

Poskan Komentar